Penempatan Karyawan Dapur Yang Optimal Untuk Meningkatkan Produktivitas Dengan Menggunakan Metode Hungarian

Munika Ni Made Dwi Arya, Jono Jono, Iva Mindhayani

Abstract


MILAS Vegetarian Restoran merupakan salah satu restoran di Yogyakarta yang menyajikan banyak makanan vegetarian. Adapun banyak variasi jenis makanan dan minuman yang diproduksi oleh restoran ini. Dalam setiap produksinya, penempatan karyawan dilakukan secara acak, tidak berdasarkan kemampuan operator sehingga tingkat produksi perusahaan menjadi kurang maksimal. Penempatan operator dan elemen kerja yang tepat perlu dikaji lebih lanjut untuk meningkatkan produktivitas perusahaan yang lebih optimal. Berdasarkan informasi yang didapatkan di perusahaan sementara ini tingkat produktivitasnya mencapai  26,3%.Penugasan adalah penempatan suatu karyawan/objek/operator pada suatu elemen kerja tertentu dengan tujuan untuk meminimumkan pengeluaran, biaya, waktu, jarak dan/atau sebaliknya untuk  memaksimalkan keuntungan perusahaan.  Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dapat dilakukan pengolahan data dengan menggunakan metode Hungarian. Metode ini dilakukan dengan mengambil data dari tiap-tiap operator dan elemen kerja yang dikerjakannya, selanjutnya di ketahui waktu baku dari masing-masing karyawan. Setelah didapatkan hasil waktu bakunya maka, dapat diketahui tingkat produktivitas perusahaan tersebut sebelum dan sesudah menggunakan metode Hungarian. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, diperoleh waktu baku dari setiap operator adalah selama 24,94 menit sebelum penerapan metode penugasan dan 23,81 menit sesudah metode penugasan. Jadi, perbedaan kedua waktu tersebut adalah 1,13 menit. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan program komputer SPSS-21 diketahui tingkat signifikasi penerapan metode tersebut sebesar 0,13. Dan produktivitas perusahaan meningkat 7 %  menjadi  33,3%.


Keywords


metode hungaria; penempatan operator; elemen kerja; produktivitas

Full Text:

PDF

References


Aminudin (2005), Prinsip-Prinsip Riset Operasi, Erlangga, Jakarta.

Handoko, H (1991), Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi, edisi II, BPFE Yogyakarta

Reksohadiprojo, S., (1995), Manajemen Produksi dan Operasi Edisi I, BPFE Yogyakarta.

Ristono, dkk (2011), Ekonomi Teknik Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sarjono, Prawirosentono (2005), Aplikasi Riset Operasi, Salemba Empat, Jakarta.

Wibowo, Arif (2008), Penentuan Standar Waktu Kerja dan Harga Jual Produk Menggunakan Model Sistem Informasi Manajemen, Tugas Akhir, Teknik Industri Universitas Muhammadyah Surakarta, Jawa Tengah.

Wignyosoebroto, Sritomo (2000), Ergonomi Studi Gerak dan Waktu, Jurusan Teknik Industri, Surabaya.

Quadratullah, Mohammad Farhan (2014), Statistika Terapan: Teori, Contoh Kasus, dan Aplikasi dengan SPSS, Andi Offset, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.37631/jri.v3i2.484

Article Metrics

Abstract view : 61 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing

 

 

 

View My Stats JRI