Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Sepatu di Kawasan Kota Medan

Authors

  • Aulia Ishak Sipahutar Universitas Sumatera Utara
  • Atika Wafa Universitas Sumatera Utara,
  • Asfriyati Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.37631/jri.v6i1.1304

Keywords:

Faktor Eksternal; Faktor Internal; Strategi Pengembangan; SWOT; UMKM Sepatu.

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sepatu di Kota Medan merupakan salah satu jenis UMKM yang sangat berkaitan dengan perekonomian dari masyarakat serta menyumbangkan pertumbuhan di Kota Medan. Penelitian dilakukan pada salah satu UMKM sepatu yaitu UMKM Sepatu BJ. Bersaudara Jaya. UMKM sepatu tersebut masih memiliki kendala terhadap strategi dalam pengembangan usahanya selama terjadinya pandemi Covid- 19 pada faktor-faktor permasalahan yaitu pemasaran, modal, teknologi, sumber daya manusia, manajemen, produksi, maupun kemitraan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis lingkungan internal dan eksternal dan merumuskan strategi pengembangan UMKM sepatu di Kota Medan. Metode yang digunakan adalah Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Analisis SWOT bertujuan memberikan suatu panduan supaya lebih fokus melalui berbagai sudut pandang, baik dari segi kekuatan maupun kelemahan serta peluang ataupun ancaman maka diperlukan suatu strategi dalam pengembangannya. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan nilai Matriks IE (Internal Eksternal) pada titik (2,93;3,59) berada di Sel II. Serta diagram analisis SWOT pada kuadran III titik (-0,43;0,55). Berdasarkan Matriks SWOT diperoleh strategi WO (Weakness-Opportunity) dengan fokus strategi dengan meminimalkan masalah dalam internal serta memaksimalkan peluang pasar yang ada dalam pengembangan UMKM sepatu di Kota Medan

References

Abdurohim, Dindin. (2021). Pengembangan UMKM Kebijakan, Strategi, Digital Marketing, dan Model Bisnis UMKM. Bandung: Refika Aditama.

Alam, Syamsul. (2017). Penentuan Strategi Bisnis melalui Analisis SWOT pada JAXS Barbershop di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah KARIMAH STIE AMKOP Makassar, 2(3), 2089-9351.

Amalia, R Rizki, Nina Hairiyah. (2019). Strategi Pemasaran Produk Bepang UD. Cap Bunga Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Teknologi Agro-Industri, 6(1), 2598-588.

Ayodya, W. (2020). UMKM 4.0 Strategi UMKM Memasuki Era Digital. Jakarta : Alex Media Komputindo.

Batlajery, S., & Waty, C.H.S. (2019). Development Strategy of Noken Product on Local Community in Soto Merauke. International Journal of Social Science and Business, 3(2), 145-143.

Hunger, J.D., & Wheelen, T.L. (2007). Manajemen Strategis. Yogyakarta: ANDI.

Meliala, A.S., Matondang, N., dan Sari, R,M. (2014). Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Berbasis Kaizen. Optimasi Sistem Produksi, 13(2), 641-664.

Narto, N., & HM, G.B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro, Kecil, Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 48-54.

Rangkuti, Freddy. (2019). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sinulingga, S. (2018). Metodologi Penelitian. Medan: USU Press.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Wardoyo, P. (2011). Enam Alat Analisis Manajemen. Semarang: Semarang University Press.

Wilantara, R. F., & Susilawati. (2016). Strategi dan Kebijakan Pengembangan UMKM Upaya Meningkatkan Daya Saing UMKM Nasional di Era MEA. Bandung: PT. Refika Aditama.

Downloads

Published

2024-04-28

Issue

Section

Articles