Analisis Kualitas Produk Velg Rubber Roll Dengan Metode Six Sigma Dan Kaizen

Authors

  • Al Basith Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Industri, Universitas Widya Mataram
  • Masrul Indrayana Fakultas Sain danTeknologi, Program Studi Teknik Industri, Universitas Widya Mataram
  • Jono Jono Fakultas Sain danTeknologi, Program StudiTeknik Industri, Universitas Widya Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37631/jri.v2i1.128

Keywords:

kualitas produk, zero defect, six sigma, kaizen, pelatihan kerja

Abstract

PT.Mitra Rekatama Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengecoran logam, non logam dan permesinan dengan hasil produksi berupa komponen pertambangan, komponen alat pertanian, dan komponen konstruksi. Dalam proses produksinya sering kali produk yang dihasilkan tidak dapat mencapai standar kualitas yang ditentukan oleh perusahaan. Salah satu produk yang dihasilkan adalah velg rubber roll. Dari pengamatan awal diketahui masih terdapat cacat produk sebesar 3% dari produk yang dihasilkan. Sehingga produksi velg rubber roll oleh PT.XYZ perlu dilakukan perbaikan kualitas agar mencapai zero defect atau tanpa cacat. Untuk mencapai produk tanpa cacat dapat melalui kajian menggunakan metode Six Sigma DMAIC dan Kaizen. Metode DMAIC digunakan untuk menganalisa faktor penyebab cacat. Sementara metode kaizen digunakan untuk mengupayakan perbaikan berkesinambungan. Hasil Penelitian menunjukkan Jenis cacat paling banyak terjadi yaitu, cacat mengsle. Faktor dominan penyebab cacat adalah keliru dalam pembuatan pola dan cetakan.Usulan perbaikan yang diberikan kepada pihak perusahaan yaitu: Melakukan pelatihan kerja bagi para operator, melakukan penilaian kinerja dan melakukan pengawasan pada setiap aktivitas kerja operator.

References

Tannady, Hendi. (2015). Pengendalian Kualitas. Yogyakarta: Graha Ilmu

Gasperz, Vincent. (2001). Total Quality Management.Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Wahyuni, Hana Catur., Sulistiyowati, Wiwik., Khamim, Muhammad. (2015). Pengendalian Kualitas.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pande, Peter S., Neuman, Robert P., Roland R. (2000). The Six Sigma Way, McGraw Hill, New York.

Soemohadiwidjojo, Arini T. (2017). Six Sigma “Metode Pengukuran Kinerja Perusahaan Berbasis Statistikâ€. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Tjiptono, F & Diana, A. (2003). Total Quality Management, Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2020-04-19

Issue

Section

Articles