Penentuan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Distributor Makanan Ringan

Authors

  • Larisang Universitas Ibnu Sina
  • Herman Universitas Ibnu Sina
  • Rizki Prakasa Hasibuan Universitas Ibnu Sina
  • Nurul Aprila Safira Universitas Ibnu Sina

DOI:

https://doi.org/10.37631/jri.v6i1.1257

Keywords:

SWOT Analisis; QSPM; Strategi Pemasaran

Abstract

Persaingan antar pasar industri dalam sektor makanan dan minuman semakin kompetitif. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya perusahaan dalam negeri maupun luar negeri yang bermain dalam sektor makanan minuman dan selalu memproduksi jenis makanan dan minuman yang jenisnya beraneka ragam. PT X sebagai distributor produk makanan ringan perlu melakukan analisis strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan produk. Metode analisis yang sesuai digunakan dalam melakukan evaluasi terhadap kondisi ril perusahaan adalah metode Quantitative Strategi Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan dari hail pegolahan data diperoleh nilai IFE sebesar 2,66 sedangkan untuk nila EFE sebesar 3,27. Pada matriks IE yaitu menempatkan perusahaan berada pada sel I yang disebut strategi tumbuh dan kembangkan. Kemudian hasil yang diperoleh pada matriks QSPM didapatkan alternative strategi yang paling menarik dan di prioritaskan untuk dilakukan perusahaan yaitu melakukan kerjasama dengan principle untuk mendistribusikan produk tic-tic ke toko retail online. Dengan nilai TAS 7,810. Strategi yang kedua yaitu memperluas jaringan distribusi ke toko retail yang ada di Batam dengan nilai TAS 7,221. Strategi ketiga membuat iklan di media sosial dengan nilai TAS 6,783. Dan strategi yang terakhir yaitu memberikan diskon dengan nilai TAS 6,158.

References

Batubara, H.D.A., Yul Asmara Pane, P., & Khair, R. (2022). Implementation Of Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) In A Digital-Based Promotion Strategy At A Muslim Clothing Store In Padangsidimpuan City. Jurnal Ekonomi, 11(02), http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi.

Fajrah, N., Sumantika, A., & Hasibuan, R. P. (2023). Analysis of quality preferences for cassava chips products. AIP Conference Proceedings, 2485(1), 050001. https://doi.org/10.1063/5.0104959

Haekal, J. (2022). Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) in Determining Alternative Strategies for the Covid-19 Epidemic in the Food and Beverage Manufacturing Companies in Indonesia. International Journal of Scientific and Academic Research, 02(04), 01–10. https://doi.org/10.54756/ijsar.2022.v2.i4.1

Lufti, M. I., Mu’min, R., & Haekal, J. (2022). Determination Of Digital Marketing Strategy With Application Of Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) in Enterprise Resource Planning (ERP) System Company’s Snell X. Jurnal PASTI, XVI(1), 27–36.

Luh Laksmi Rahmantari, N., Komang Mela Tri Utari, N., & Putu Dharmawan Suryagita Susila Putra, I. (2023). Strategi Pengembangan UMKM dengan Metode SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) pada UMKM Freshy Salad. Jurnal Pendidikan Tambusi, 7(2), 6203-6212.

Nor Safitri, R., Arbainah, S., & Dwi Karyanti, T. (2023). Formulation Of Business Strategy Using Swot Method And Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM): (Case Study Surya Boutique Hotel Semarang). In Applied Accounting and Management Review (AAMAR), 2(1), 59-69. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/AAMAR

Nur Hartanti, D., Puji Lestari, D., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount Dan Promosi Penjualan Terhadap Implusive Buying Produk Di Cordy Butik Bandar Lampung. In Keuangan dan Akuntansi (MEKA), 3(1), 377-384. http://ejurnal.poltekkutaraja.ac.id/index.php/meka

Nurairin, D. A., & Yan Orgianus. (2022). Perbaikan Strategi Pengembangan Perusahaan dengan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Jurnal Riset Teknik Industri, 161–170. https://doi.org/10.29313/jrti.v2i2.1335.

Widian Sari, M. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) (Studi Kasus Pada Roman Indah UKM Di Padang). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(1), 86-96. https://doi.org/10.31933/JIMT

Yuliaty, T., Sarah Shafira, C., & Rafi Akbar, M. Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global Studi Kasus Pada PT. Muniru Burni Telong. MBIA, 19(3), 293-308. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1167.

Downloads

Published

2024-04-28

Issue

Section

Articles