Inovasi Layanan Jasa JogjaKita Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD)

Authors

  • Roychan Yoga Pratama Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto
  • Riani Nurdin Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto
  • Esa Rengganis Sullyartha Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

DOI:

https://doi.org/10.37631/jri.v6i2.879

Keywords:

Quality Function Deployment (QFD), House Of Quality (HOQ), transportasi online, inovasi, layanan jasa, JogjaKita

Abstract

JogjaKita adalah aplikasi transportasi online yang dibangun untuk memudahkan kegiatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Layanan JogjaKita seperti JogjaCar, JogjaRide, JogjaKurir, JogjaShop, JogjaFood, JogjaSend, Pembayaran, Ticketing, dan lainnya. Karena JogjaKita masih baru, maka perlu adanya masukan dari voice of customer sehingga JogjaKita dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan JogjaKita, serta mengetahui tingkat layanan yang diberikan dengan keinginan pengguna JogjaKita, dan untuk mengetahui voice of customer JogjaKita sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan. Metode yang digunakan adalah Quality Function Deployment (QFD) dilengkapi House Of Quality (HOQ). Hasilnya adalah penetapan target berdasarkan respon teknis. Setiap respon teknis dijadikan masukan bagi JogjaKita untuk meningkatkan dan mengembangkan layanan. Hasil respon teknis ialah : (1) Mengembangkan layanan dan inovasi yang bermanfaat. (2) Mengevaluasi kinerja dan menambah jumlah driver, (3) Mengevaluasi aplikasi guna memberikan kemudahan, (4) Melatih karyawan maupun driver dalam menghadapi customer, (5) Menjaga keamanan customer, (6) Membangun komunikasi dengan customer, (7) Melayani dengan sopan dan ramah, (8) Menjaga hubungan dengan customer.

References

Devani, V., & Kartikasari, D. D. (2012). Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Administrasi Mahasiswa Menggunakan Metode Quality Function Deployment. ISSN : 1412-6869, Vol. 11 No. 2.

Dhewanto, W., Mulyaningsih, H. D., Permatasari, A., Anggadwita, G., & Ameka, I. (2014). MANAJEMEN INOVASI Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Yogyakarta: ANDI.

Ginting, R. (2010). Perancangan Produk. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hadi, I. S. (2017). Penerapan Quality Function Deployment Dalam Peningkatan Kualitas Produk Kain Batik Tulis Pada Sanggar Batik Seblang Banyuwangi. Jember: Universitas Jember.

Kaebernick, H., Farmer, L. E., & Mozar, S. (1996). Concurrent Product and Process Design. Kensington: The University Of New South Wales.

Lestariningsih, S., & Jono. (2019). Penggunaan Metode Quality Function Deployment (QFD) Dalam Redesain Kompor Batik Elektrik “Kombatrik”. Jurnal Rekayasa Industri (JRI), 1-12.

Rafsanjani. (2019). Perancangan Konten Pemasaran Produk Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus Pada UKM Karya Manunggal). Yogyakarta: Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto.

Ratnasari, R. T., & Aksa, M. H. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Grahalia Indonesia.

Sari, F. C. (2018). Penerapan Quality Function Deployment Guna Meningkatkan Kualitas Jasa Layanan Bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) Muktisari Jember. Jember: Universitas Jember.

Siregar, S. (2011). Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suryadi, T., Sidiq, A., & Anggraini, M. (2022). Perancangan Desain Cup Holder Minuman Kopi Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus : Coffee Shop Dotuku Kopi). JurnalRekayasa Industri (JRI), 1-12.

Tanias, W. E. (2016). Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Jasa Layanan Franchise Yogya Chicken. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Teknologi Dirgantara Adisutjipto.

Timur, A., & Sagita, H. H. (2022). Perancangan Peningkatan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Usaha Hans Menggunakan Metode Quality Function Deployment. ISSN : 2355-9365, Vol. 8 No. 2.

Downloads

Published

2024-10-30