Pengukuran Efisiensi Waktu Proses Produksi Pada Setiap Stasiun Kerja Pembuatan Keramik Model Guci Ukuran Tinggi 80 cm. (Studi Kasus Pada Home Industri Jaya Ceramik Yogyakarta)

Puji Asih

Abstract


Perkembangan teknologi produksi yang meningkat  diseluruh industri akan mengakibatkan  produktivitas  dan efisiensi waktu proses akan meningkat .  Perkembangan teknologi produksi  terjadi hampir diseluruh industri , akibat perkembangan ini biasanya akan  berdampak pada penempatan tenaga kerja yang harus sesuai dengan kebutuhan pekerjaan pada setiap stasiun kerja.    Penempatan tenaga kerja yang sesuai menjadi  komponen yang signifikan dalam menyelesaikan perkerjaan dan efisiensi proses produksi . Penelitian dengan Judul Pengukuran Efisiensi Waktu Proses Produksi Pada Setiap Stasiun Kerja Pembuatan Keramik Model Guci Ukuran Tinggi 80 cm, bertujuan untuk mengetahui waktu baku dan efisiensi pada setiap stasiun kerja dan efisiensi lintasan produksi  pembuatan keramik.

Proses Produksi pembuatan keramik dibagi menjadi 4 stasiun kerja yaitu stasiun pembentukan keramik mentah ,stasiun pembakaran ,stasiun pengecekan  dan stasiun  pengecatan.  Untuk menyelesaikan pekerjaan pada  setiap stasiun kerja tersebut memerlukan waktu yang berbeda-beda  sehingga  waktu baku dan efisiensi proses produksi juga berbeda-beda.  Pengukuran waktu baku pada setiap stasiun kerja  dapat diketahui,  maka efisiensi waktu proses produksi dan efisiensi lintasan produksi  dapat diketahui.

Efisiensi yang dapat dicapai pada setiap stasiun kerja yang terbesar adalah pada stasiun kerja pembakaran mencapai 100 %, sedangkan efisiensi pada stasiun kerja yang lain masih rendah pada stasiun pembentukan 30,30 %, stasiun pengecekan dan penggosokan 26,20 % dan stasiun pengecatan 23,40%. Selanjutnya secara keseluruhan efisiensi lintasan produksi yang dapat dicapai masih rendah yaitu sebesar 30,86 %. 


Keywords


Waktu normal; waktu baku; efisiensi stasiun kerja; efisiensi lintasan produksi

Full Text:

PDF

References


Anggawisatra, Sutalaksana dan Tjakraatmaja. (1979). Teknik Tata Cara Kerja, Laboratorium Tata Cara Kerja dan Ergonomi. Bandung: Departemen TI ITB.

Asih, Puji. (2015). Penentuan Jumlah Tenaga Kerja Pada Proses Pembuatan Kawat Perak Mengguunakan Metode Heuristik, Tekinfo Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 4(1).

Gasperrsz, Vincent. (1998). Production Planning and Inventory Control, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Nasution,A.H. (2003). Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Guna Widya, Surabaya.

Wignyosoebroto, Sritomo. (1995). Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu , Edisi 1, PT Guna Widya, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37631/jri.v3i1.290

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing

 

 

 

View My Stats JRI