Radiasi termal pada smart glass sebagai komponen courtyard dalam rumah tinggal modern tropis

Authors

  • Wawan Destiawan UNTAG Semarang
  • LMF Purwanto

DOI:

https://doi.org/10.37631/pendapa.v4i2.468

Keywords:

courtyard, disain perumahan, smart glass

Abstract

Pada iklim tropis di Indonesia energi melewati jendela lebih banyak sebagai radiasi termal dari matahari. Banyak hunian di Indonesia yang didesain dengan menggunakan courtyard. Dengan adanya courtyard ini diharapkan lebih banyak memfungsikan atau memanfaatkan iklim tropis yang dialiran pada bangunan melalui jendela. Tuntutan ini yang membuat sistem kinerja hunian agar mampu mengadaptasi iklim. Courtyard menjadi salah satu upaya untuk mengoptimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah, dengan adanya ruang terbuka dalam bagian rumah inilah diharapkan mampu membawa panas yang ada dalam bangunan untuk keluar. sehingga upaya untuk penghematan energi dapat dicapai

Metode yang digunakan  pada penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif dari hasil studi literatur yang sudah ada sebelumnya mengenai radiasi termal pada smart window dan proses Analisa dilakukan berdasarkan pengamatan pada hasil simulasi. Proses simulasi  akan digunakan sebagai parameter untuk melihat pada courtyard dalam ruamh tinggal modern tropis.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa material kaca pada jendela ini mampu memasukkan cahaya sebesar 620 W/m2 ke dalam ruangan, dan apabila menggunakan smart glass maka reduksi cahaya yang masuk dapat mencapai ±300 W/m2. Pengunaan smart glass ini mampu menunjang fungsi courtyard, dengan memasukan cahaya yang cukup dan angin kedalam ruangan. Namun yang menjadi pertimbangan berikutkan dalam pengaplikasian smart glass ini haru dipikirkan Kembali karena biaya produk tinggi.

References

Abed. (1988). Dalam M. BRIAN EDWARDS, Courtyard Housing (hal. 13).

Bartl, J. e. (2004). Emissivity of Alumunium and Its Importance for Radiometric Measurement. journal of measurement science review, 4.

Benedicta sopie marcella suwignyo, j. a. (2013). perpaduan smart glass dan u-pvc sebagai bahan jendela modern hemat energi di iklim tropis. scan34.

Givoni, B. (1998). Climate Considerations in Building and Urban Design. New York: Van Nostrand Reinhold.

LAFFAH, M. (2006). The courtyard garden in the traditional Arab. Dalam M. S. Brian Edwards, Courtyard Housing. new york: taylor & francis .

wawan destiawan, l. M. (2013). peram courtyard dan soft material dalam perkembangan desain perumahan di Semarang. SCAN#4 " stone, steel, and straw ".

Waziry. (1986). Dalam C. Housing, BRIAN EDWARDS, MAGDA.

Cengel Y. A, Heat Transfer, Second edition, Mc Graw Hill Company. Hal : 384

Casini, Marco. (….).Smart windows for energy efficiency of buildings

Karanen, Roy. (2016). The Effect of Windows on Thermal Comfort

Mortimer, Roger J. ; Rosseinsky, David R. and Monk, Paul M. S.

(2015).Electrochromic Materials and Devices by. John Wiley & Sons

ESG Glass Technical Files http://www.esg.glass/uploads/technical-files/EN14179-Heatsoaked-CE-Marking.pdf

Downloads

Published

2021-10-11

Issue

Section

Articles