Redesain terminal tipe B kota Banda Aceh , dengan pendekatan green architecture

Authors

  • Khairina Fitri Program Studi Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

DOI:

https://doi.org/10.37631/pendapa.v4i1.233

Keywords:

Redesain, Terminal, Green architecture

Abstract

Terminal Tipe B Kota Banda Aceh saat ini terletak di daerah Leun g Bata, Banda Aceh, Aceh. Terminal ini memiliki rute trayek Aceh Timur – Aceh Tengah, sedangkan untuk trayek Aceh Barat – Aceh Selatan masih bergabung dengan Terminal Tipe A Kota Banda Aceh. Terminal ini dulunya merupakan terminal barang yang dialih fungsikan menjadi Terminal Tipe B. Terminal ini jika dilihat dari segi standar Terminal Tipe B pada umumnya yang telah ditetapkan oleh Kementrian Perhubungan sangat jauh dari standar tersebut, baik dari segi luasan lahan maupun dari segi fasilitas yang dimiliki. Hal ini terjadi dikarenakan dari awal gedung ini didesain memang bukan untuk terminal penumpang sehingga banyak terdapat kekurangan. Rencana redesain ini ditujukan untuk mendesain ulang terminal Tipe Kota Banda Aceh agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Kementrian Perhubungan, karna umumnya di Indonesia pengguna moda transportasi darat dan menggunakan kendaraan umum masih menjadi pilihan yang paling banyak digunakan. Oleh sebab itu memperbaiki prasarana kota yang ada (terminal) demi kenyamanan pengguna merupakan hal penting yang harus dilakukan. Redesain terminal ini juga memasukkan konsep green architecture didalamnya sehingga desain akhir yang dihasilkan tidak hanya memenuhi standar kelayakan fungsi saja namun juga memenuhi standar bangunan hemat energi.

References

Bayzoni, laksmi, dan vera. 2016. Evaluasi Perancangan Kolom Beton Bertulang dengan Metode Elemen Hingga. Lampung: Universitas Lampung.

Budiman dan Heri. 2017. Studi Komprasi Struktur Baja Menggunakan Profil WF Terhadap Profil HSS Pada Kolom Struktur. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek

Herri Purwanto. 2014. Analisis Efesiensi Penggunaan Profil Kuda-Kuda Baja. Palembang: Jurnal Media Teknik.

Nur, B. Heru, dan Leny. 2015. Redesain Terminal Tirtonadi Dengan Pendekatan Green Terminal di Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Rahman, Niken, dan R. Harya. 2018. Analisis Pondasi Gabungan Telapak dan Sumuran (TELASUR) dengan Variasi Rasio Kedalaman dan Lebar Tapak (B=1,5) Pada Tanah Lempung Homogen. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Akhlis D. Aziz. 2015. Penggunaan Material Dominan Kaca Terhadap Bangunan. Bandung: IPLBI.

Downloads

Published

2021-03-04

Issue

Section

Articles