Redesain museum Biologi Yogyakarta dengan pendekatan edukasi remaja

Authors

  • Adi Rukamto Universitas Widya Mataram
  • Tri Yuniastuti Universitas Widya Mataram
  • Prawatya Widyanto Universitas Widya Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37631/pendapa.v1i2.109

Keywords:

Museum, Biologi, Edukasi Remaja,

Abstract

Museum merupakan tempat khususnya bagi pelajar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, karena koleksi museum juga bisa digunakan sebagai alat peraga yang tidak ada di sekolah. Yogyakarta dikenal sebagai Kota Pelajar dan memiliki 34 buah museum yang tersebar di penjuru kota, sebagai daya tarik wisata pendidikan. Namun tidak semua museum menempati bangunan yang ideal serta pengelolaan yang baik. Museum Biologi Yogyakarta merupakan museum pendidikan hayati yang memiliki peminat yang sedikit meskipun berada di lokasi yang strategis. Hal ini karena fasilitas museum yang kurang memadai, serta bangunan yang kurang menarik. Perlu dilakukan perombakan untuk mengembalikan minat pelajar untuk berkunjung dan belajar di museum. Perombakan pada

bentuk bangunan yang lebih menarik, penambahan fasilitas serta penataan ruang dan koleksi yang nyaman. Hasil yang diharapkan adalah sebuah museum yang tetap mengutamakan aspek edukasi terutama untuk remaja. Museum ini juga harus memiliki bentuk bangunan yang menarik dan bisa

menjadi identitas serta daya tarik khususnya untuk remaja yang berstatus sebagai pelajar

References

Ching, Francis DK, [2008]. Bentuk Ruang dan Tatanan. Jakarta : Penerbit Erlangga

De Chiara, Joseph; J Crosbie, Michael, 2001. Time Saver Standards For Building Types. Singapore : McGraw Hill Book Companies Inc.

Djiwandono, Sri Esti Wuryani, [2006]. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Grasindo

Neufert, Ernest, Jilid 3. Data Arsitek. Jakarta : Erlangga

Umami, Ida S.Ag & Panuju, Panut H. Drs. 2005. Psikologi Remaja. Yogyakarta : PT Tiara Wacana

_, 2008. Pedoman Museum Indonesia. Direktorat Museum, Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Jakarta.

Downloads

Published

2020-02-25

Issue

Section

Articles