Pengaruh media sosial dan kualitas layanan dalam membentuk motivasi membeli pemakai jasa terhadap pengambilan keputusan memakai jasa (studi pada UD. Sampoerna Wedding Banyuwangi)
DOI:
https://doi.org/10.37631/ebisma.v4i2.836Keywords:
Quality of service, social media, decision making to use servicesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan, media sosial, motivasi membeli, dan pengambilan keputusan memakai jasa serta pengaruh kualitas layanan dan media sosial terhadap pengambilan keputusan memakai jasa baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi membeli sebagai variabel intervening UD. Sampoerna Wedding, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dari jumlah sampel 112 orang pengguna jasa dan calon pengguna jasa UD. Sampoerna Wedding. Alat analisis data yang digunakan adalan analisis Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan aplikasi PLS versi 3.0. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan UD. Sampoerna Wedding Banyuwangi, sedangkan media sosial tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan UD. Sampoerna Wedding Banyuwangi dan kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap motivasi membeli UD. Sampoerna Wedding Banyuwangi, media sosial berpengaruh terhadap motivasi membeli UD. Sampoerna Wedding Banyuwangi, motivasi membeli berpengaruh terhadap pengambilan keputusan UD. Sampoerna Wedding Banyuwangi, adapaun motivasi membeli mampu memediasi media sosial terhadap pengambilan keputusan akan tetapi motivasi membeli tidak mampu memediasi kualitas layanan terhadap pengambilan keputusan pada UD. Sampoerna Wedding Banyuwangi.
References
Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Widyakala: Journal Of Pembangunan Jaya University, 3, 49-56. https://doi.org/10.36262/widyakala.v3i0.24
Arief (2007). Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Batee, M. M. (2019). Pengaruh media Sosial terhadap keputusan pembelian di toko kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 2(2), 313-324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108
Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 5.
Desmita, R. (2008). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Elliot, Dkk. (2000). Educational Psychology: Efective Teaching, Effective Learning, 3rd edition. United States of America: Mc Graw Hill Companies.
Febrianto, F. X. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Feysen melalui Media Sosial, di Yogyakarta. Jurusan Pendidikan dan Ilmu Pengtahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Feigenbaum, A. V. (2004). Total Quality Control. Trind Editions New York: McGraw Hill Inc.
Garvin & Davis. (2005). Manajemen Mutu Terpadu. Terjemahan M.N. Nasution. Erlangga.
Ginting, P & Situmorang, S. H. (2008). Filsafat Ilmu dan Metode Riset. Medan: USU Press.
Gronroos, C. (2016). Service Management and Marketing: A Customer Relationship Management Approach. Chishester: Jhon Wiley and Sond, Ltd.
Harold, K., O'Donnel, C. & Weihrich, H. (2007). Manajemen. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Helmi, A., & Sarasi, V. (2020). Motivasi, Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Kosmetik Halal. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, X (1).
Henderi, Yusuf, M., Graha, Y. I. (2007). Pengertian Media Sosial. Jakarta: Kencana.
Hijeriah, E. M., Suryani, L., & Kurniawati, L. (2022). Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Pada PDAM Tirta Dumai Bersemai Kota Dumai. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 6430-6443. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6500
Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian melalui motivasi konsumen pada produk fast fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25-34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25-34
Jassfar, F. (2005). Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Ciawi Bogor: Ghalia.
Kaplan, A & Haenlein, M. (2010). User of The World, Unite! The. Challenges and Opportunities of Social Media, Business Horizons.
Kasinem, K. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329-339. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096
Kotler & Keller. (2016). Marketing Management. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education Inc
Laksamana, P. (2018). Impact of social media marketing on purchase intention and brand loyalty: Evidence from Indonesia’s banking industry. International Review of Management and Marketing, 8(1), 13-18.
Lestari, A. N. I. T. A. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Padabutik Missyshop Official Di Kota Makassar. Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.
Manik, A. J., & Hadi, S. P. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dalam Pengambilan Keputusan Penggunaan Jasa Layanan Taksi Kosti Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Taksi Kosti Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 283-298. https://doi.org/10.14710/jiab.2017.16716
Mustapa, A., Machmud, R., & Radji, D. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Umkm Jiksau Food. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(1), 264-270. https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14898
Nanda, A., & Rahmatullah, D. A. (2022). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Konsumen: Produk, Harga, Pelayanan dan Lokasi. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 356-367. https://doi.org/10.38035/jim.v1i2.47
Nasution, M. N. (2004). Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nur, A. M., Ghalib, S., & Utomo, S. (2020). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Pada Pelanggan Indihome Di Kota Palangka Raya (Studi Emperis Pada PT. Telkom Provinsi Kalimantan Tengah). Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 9(1), 52-68. http://dx.doi.org/10.20527/jbp.v9i1.8694
Poturak, M., & Softic, S. (2019). Influence of social media content on consumer purchase intention: Mediation effect of brand equity. Eurasian Journal of Business and Economics, 12(23), 17-43.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.
Ramadhan, A. F. P., & Munawar, F. (2022). Pengaruh Media Sosial Instagram dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(3), 2286-2309. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2618
Richadinata, K. R. P. & Astitiani, N. L. P. S. (2021). Pengaruh Iklan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Lingkungan Universitas Bali Internasional. E-Jurnal Manajemen, 10(2), 188-208. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i02.p05
Rosandi, F. H., & Nurlatifah, N. (2022). Pengaruh Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Barang Diskon Pada Mahasiswa Uts Di Minimarket Sumbawa Besa. Jurnal TAMBORA, 6(2), 59-65. https://doi.org/10.36761/jt.v6i2.1994
Ruthllianie, J., & Candraningrum, D. A. (2020). Studi tentang Motivasi ARMY Jakarta dalam Membeli Merchandise Idola (Studi Kasus Kaos Uniqlo X BT21). Prologia, 4(1), 128–134. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6449
Siagian, S. P. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakart: Bumi Aksara.
Sinaga, B. A., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 79-94. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.329
Situmorang, E. D. B., Gultom, R., Nadapdap, K., & Sihite, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Amanda Brownies. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 6(1), 38-49. https://doi.org/10.32477/jrm.v6i1.30
Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Suharnan. (2005). Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.
Sulistyowati, A., Rianto, M. R., Handayani, M., & Bukhari, E. (2022). Pengaruh Financial Literacy, Return dan Resiko terhadap Keputusan Investasi Generasi Milenial Islam di Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 2253-2260. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i2.5956
Suprasta, N., & Nuryasman, M. N. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan investasi saham. Jurnal Ekonomi, 25(2), 251-269. https://doi.org/10.24912/je.v25i2.669
Syamsi, I. (2000). Pengambilan Keputusan dan Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Tanjung, H. (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakatra: Gramata Publishing.
Thoyobie, L. (2010). Psikologi Social Media. http://komunikasi-indonesia.org. Diakses tanggal 10 Desember 2022.
Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa, Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.
Uno, H. B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahono, S., & Ali, H. (2021). Peranan Data Warehouse, Software Dan Brainware Terhadap Pengambilan Keputusan (Literature Review Executive Support Sistem For Business). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 225-239. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i2.781
Wibowo, H. M. (2017). Pengaruh Motivasi Pembelian Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 5(2).
Wyckof (2002). Prinsip Pemasaran, Edisi Ketujuh, Jilid I. Erlangga: Jakarta.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J. & Gremler, D. D. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6 th ed. Mc. Graw-Hill.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA)
Â
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA)Â is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.