Analisis kelayakan pemanfaatan lahan Desa Rowoboni sebagai wisata kuliner

Authors

  • Aisyah Aini Universitas Kristen Satya Wacana
  • Ira Aprilia Universitas Kristen Satya Wacana
  • Meyla Eka Ningtyas Universitas Kristen Satya Wacana
  • Imanuel Madea Sakti Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.37631/ebisma.v3i1.520

Keywords:

wisata kuliner, pemanfaatan lahan, studi kelayakan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan pembangunan wisata kuliner yang terdapat pada lahan kosong milik Desa Rowoboni, Kabupaten Semarang. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan sumber data primer melalui wawancara dengan pihak desa dan penyebaran kuesioner kepada 50 responden, serta data sekunder berupa publikasi terkait penelitian. Penelitian ini dianalisis dengan metode deskriptif dengan menganalisis aspek pasar dan pemasaran, teknis, manajemen, hukum, keuangan, dan lingkungan. Hasil analisis dari aspek pasar adalah mayoritas narasumber sangat tertarik akan dibangunnya wisata kuliner di area tersebut karena didukung alam sekitar. Aspek teknis menunjukkan bahwa adanya proyek ini akan memberikan fungsi rekreasi, ibadah, dan terdapat fasilitas penunjang melalui tersedianya gazebo, toilet, mushola, dan spot foto. Berdasarkan analisis aspek manajemen, pembangunan proyek melalui BUMDes Tirto Kencono akan memberikan dampak bahwa pengelolaan proyek akan lebih profesional dan tertata dengan baik. Dalam aspek hukum, BUMDes Tirto Kencono menyatakan mampu memenuhi syarat dalam hal pendirian badan usaha, izin prinsip, izin lokasi, izin bangunan, dan izin penggunaan lahan Aspek keuangan yang dianalisis melalui perhitungan NPV, IRR, dan PP menunjukkan bahwa proyek layak untuk dijalankan. Dalam aspek lingkungan menunjukkan bahwa penyediaan tempat sampah yang terpisah sesuai jenis, organik dan anorganik, akan membuat pengelolaan sampah menjadi lebih baik. Rencana pembangunan wisata kuliner ini dapat disimpulkan memenuhi semua aspek studi kelayakan proyek.

References

Aziz, M. A., Winarni, & Simanjuntak, R. A. (2016). Studi Kelayakan Bisnis Tortilla Dengan Pemanfaatan Rumput Laut Lokal Melalui Pendekatan Internal Bisnis (Studi Kasus Pada IKM Berdikari Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah). Jurnal Revaksi, 4(2), 60–118.

Hafidin, M. F. (2021). Analisis Aspek Kelayakan Usaha Rak Buku Berbahan Dasar Kayu yang Multifungsi di Kabupaten Karawang. 11(1), 51–58.

Kasmir, & Jakfar. (2013). Studi Kelayakan Bisnis (9th ed.). Jakarta Kencana Prenada Media Group.

Kristian, W., & Indrawan, F. (2019). Studi Kelayakan Bisnis dalam Rangka Pendirian XX Cafe. Jurnal Akuntansi Maranatha, 11(2), 379–400. https://doi.org/10.28932/jam.v11i2.1932

Munir, M., Saraswati, Faizah, S., & Rifa’i, Y. (2019). Studi Kelayakan Bisnis Dalam Aspek Lingkungan Hidup. LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 3(1), 41–61.

Sanjaya, R. B. (2018). Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat Di Desa Kemetul, Kabupaten Semarang. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 05, 91. https://doi.org/10.24843/jumpa.2018.v05.i01.p05

Sugiyanto, Nadi, L., & Wenten, I. K. (2020). Studi Kelayakan Bisnis: Teknik Mengetahui Bisnis Dapat Dijalankan atau Tidak.

Syarifuddin, D., M. Noor, C., & Rohendi, A. (2017). Memaknai Kuliner Lokal Sebagai Daya Tarik Wisaya. Abdimas, 1(1), 4–8. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Yanto, A. F., & Ningrum, E. A. (2021). Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Yujamu Herbal Juice Di Kabupaten Purworejo. 9(2), 23–31.

Yanuar, D. (2016). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau dari Aspek Pasar, Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan pada UMKM Makanan Khas Bangka di Kota Pangkalpinang. Jurnal E-KOMBIS, II(1), 41–51.

Downloads

Published

2022-06-24

Issue

Section

Articles