Kebijakan Pemerintah dalam Mengatasi Kemacetan di Kota Yogyakarta (Studi Penelitian di Jalan Malioboro di JalanTentara Pelajar)

Authors

  • Siti Fatimah Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Widya Mataram
  • Syakdiah Syakdiah
  • Retno Kusumawiranti

DOI:

https://doi.org/10.37631/populika.v10i1.473

Keywords:

Upaya Pemerintah mengatasi kemacetan, rekayasa lalu lintas, teknologi ATCS (Area Traffic Control System)

Abstract

Kemacetan biasa dijumpai di Kota Yogyakarta, disebabkan pertumbuhan kota yang juga diiringi pertambahan jumlah penduduk dan jumlah kendaraan, tapi tidak didukung infrastruktur yang bisa mengimbanginya. Pemerintah Kota Yogyakarta dalam hal ini Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dan Polantas selaku instansi terkait turun tangan untuk mengatasi kemacetan, ada beberapa upaya yang telah dilakukan, tapi belum bisa dikatakan baik karena masih ada beberapa masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan informan, menggunakan teknik purposif sampling. Pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Upaya pemerintah mengatasi kemacetan di Jalan Malioboro dan Tentara Pelajar seperti diadakannya rekayasa lalu lintas dimana ruas jalan tertentu dijadikan jalan satu arah atau pelebaran dan normalisasi simpang, pengembangan teknologi ATCS ( Area Traffic Control System ) dan pengalokasian disediakan lahan parkir pada ruas Jalan Malioboro dan Tentara Pelajar. Namum dalam pelaksanaannya masih banyak menghadapi hambatan dan kendala, menggunakan pendekatan teknologi membutuhkan anggaran besar dalam penyedian dan perawatan teknologi ATCS dan kurangnya personil atau sumberdaya manusia untuk memproses pengaduan terhadap masalah yang terjadi dilapangan, dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam menyukseskan program-program.

References

Hikmawati, Fenti. (2017). Metodologi Penelitian. Raja Grafindo Persada.

Faisal, Sanapiah. (1998). Format Penelitian Sosial. Jakarta. Rajawali Press.

Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ).

Keban, Yeremias T. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.

Maulana, A. (2016). Kinerja Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Dalam Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas Tahun 2012-2015.

Natsir, Moh. 1993. Metode Penelitian.Jakarta:Ghalia Indonesia.

Nazir, Muhammad. 2003. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia: Jakarta.

Ofyar, Z. (2000). Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Bandung. Indonesia.

Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) Kota Yogyakarta Tahun 2012-2016.

RENSTRA Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Tahun 2017-2022

Surakhmad, Wirono. 1989. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Subarsono. 2009. Analisis Kebijakan Publik. Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit P. T. Remaja Rosdakarya.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Wahab Solichin Abdul. 2004. Analisis Kebijakan Dari Formulasi Kebijakan, Implementasi Kebijakan Negara, Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-01-19

How to Cite

Fatimah, S., Syakdiah, S., & Kusumawiranti, R. (2022). Kebijakan Pemerintah dalam Mengatasi Kemacetan di Kota Yogyakarta (Studi Penelitian di Jalan Malioboro di JalanTentara Pelajar). POPULIKA, 10(1), 24–41. https://doi.org/10.37631/populika.v10i1.473

Issue

Section

Articles