Karakter arsitektur masjid Jawa pada Masjid Pathok Negoro

Authors

  • Muhammad Nur Hakimuddin At-toyibi Program Studi Magister Arsitektur, Fakultas Teknik Arsitektur dan Perencanaan, Universitas Gadjah Mada
  • Dyah Titisari Widyastuti Program Studi Magister Arsitektur, Fakultas Teknik Arsitektur dan Perencanaan, Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.37631/pendapa.v4i2.467

Keywords:

Karakter Arsitektur, Masjid Jawa, Masjid Pathok Negoro, Akulturasi Budaya

Abstract

Sebagai bagian dari sistem pemerintahan Yogyakarta, Masjid Pathok Negoro memiliki nilai-nilai budaya yang sangat tinggi. Alur sejarah yang terjadi di Pulau Jawa membentuk budaya yang beraneka ragam yang kemudian saling berakulturasi membentuk sebuah budaya baru. Masjid Jawa merupakan produk akulturasi budaya yang terbentuk dalam berjalannya sejarah perkembangan budaya di Pulau Jawa. Hal ini mempengaruhi terbentuknya karakter arsitektur masjid Jawa yang sarat akan unsur budaya tidak terkecuali arsitekur dari Masjid Pathok Negoro di Yogyakarta. Adanya unsur budaya dalam karakter arsitektur Masjid Pathok Negoro memperkuat nilai dari keempat masjid sebagai bagian dari Kesultanan Yogyakarta. Karakter arsitektur Masjid Pathok Negoro dapat diidentifikasi melalui tiga aspek yaitu physical system, spatial system dan stylistic system pada arsitekturnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakter arsitektur dari Masjid Pathok Negoro dan menemukan relevansinya dengan karakter masjid Jawa dan akulturasi budaya. Metode dalam penelitian ini bersifat kualitiatif dengan penalaran induktif yang menggunakan studi tipologi sebagai sarana identifikasi karakter arsitektur. Hasil dari penelitian ini menemukan aspek-aspek apa saja yang menunjukkan bahwa karakter arsitektur Masjid Pathok Negoro Relevan dengan karakter masjid Jawa yang kaya akan nilai akulturasi budaya baik dari Hindu, Jawa dan Islam.

References

Adityaningrum, D. Pitana, T., S. Setyaningsih, W. (2020). Arsitektur Jawa Pada Wujud Bentuk Dan Ruang Masjid Agung Surakarta. SINEKTIKA Jurnal Arsitektur, Vol. 17 No. 01. Hlm. 54-60.

Alnashr, Sofyan, M. (2020). Ornamen Masjid Jami Kajen serta Kontribusinya dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Elementary, Vol. 6. No. 1.

Fauzy, B. Arraya, A. (2015). Dinamika Akulturasi Arsitektur Pada Masjid Sulthoni Plosokuning di Sleman, Yogyakarta. Laporan Penelitian Arsitektur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan.

Habraken, N. John. (1978). General Principles A Bout the Way Built Environment Exist. Massachusetts.

Hasim, M. (2011). Makna Arsitektur Masjid Pakualaman Dalam Tinjauan Kosmologi Jawa. Jurnal Analisa, Vol. 43. No. 02. Hlm. 211-227.

Hastati, Fauza. (2003). Karakteristik Arsitektural Bangunan Indis pada Perumaham Pegawai Perusahaan Jawatan Kereta Api Pengok Blok A dan Blok B di Yogyakarta. Tesis Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.

Kusumo, E. S. (2015). Bentuk Sinkretisme Islam-Jawa di Masjid Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Mozaik. Vol. 15. No. 1. Hlm. 1-15.

Muslimin. (2012). Akulturasi Agama Hindu Hindu di Indonesia. Jurnal Al-AdYaN. Vol. 07. No. 02.

Naomi Veda Pradipta dan Hendrajaya. (2013). Axis Mundi Pada Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Fakultas Teknik Universitas Indonesia via http://www.digilib.ui.ac.id/abstrakpdf?id=20348121&lokasi=lokal.

Poerwanti Hadi Pratiwi. (2012). Asimilasi Dan Akulturasi: Sebuah Tinjauan Konsep. via staffnew.uny.ac.id/upload/132326892/pengabdian/asimilasi-akulturasi.pdf Diakses 23 September 2020.

Rahadian, dkk. (2018). Eksistensi Candi: Sebagai Karya Agung Arsitektur Indonesia di Asia Tenggara. Yogyakarta: Kanisius.

Setyowati, E. Hardiman, G. Murtini, T., W. (2017). Akulturasi Budaya pada Bangunan Masjid Gedhe Mataram Yogyakarta. Seminar Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 1.

Siswayanti, N. (2016). Akulturasi Budaya pada Arsitektur Masjid Sunan Giri. Jurnal Lektur Keagamaan, Vol. 14. No. 02.

Supriyadi, B. (2008). Kajian Ornamen Pada Mesjid Bersejarah Kawasan Pantura Jawa Tengah. Jurnal Enclosure, Vol. 7. No. 2.

Suryanto. Djunaedi, A. dan Sudaryono. (2015). Aspek Budaya Dalam Keistimewaan Tata Ruang Kota Yogyakarta. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol. 26. No. 03.

Zaki, M. (2017). Kearifan Lokal Pada Wujud Bentuk Dan Ruang Arsitektur Masjid Tradisional Jawa (Studi Kasus Masjid Agung Demak). Tesis Magister Arsitektur Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2021-10-11

Issue

Section

Articles