Intervensi Ergonomi Pada Perancangan Meja Las Untuk Sekolah Vokasi

Authors

  • Suhartono Suhartono Fakultas Sain danTeknologi, Program Studi Teknik Industri, Universitas Widya Mataram
  • Iva Mindhayani Fakultas Sain danTeknologi, Program Studi Teknik Industri, Universitas Widya Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37631/jri.v2i1.130

Keywords:

pengelasan, listrik, meja

Abstract

Untuk memenuhi kebutuhan laboratorium pengelasan, pelatihan pengelasan listrik dan asetilena, pengelasan yang dapat digunakan untuk semua pekerja produktif, seks dan untuk orang yang sehat atau tidak valid, terutama cacat kaki yang tidak valid, sangat penting untuk merancang meja pengelasan. Selain memberikan kenyamanan, meja juga memberikan kemudahan, keamanan, dan mengurangi kelelahan otot. Posisi pengelasan tabler dapat dirancang yang sesuai dengan kebutuhan semua posisi pengelasan. Namun demikian, untuk orang Indonesia (orang Asia pada umumnya), dimensi dapat diperoleh dengan perhitungan sebagai berikut: ketinggian meja geser adalah 2165 mm, tinggi meja di posisi pengelasan kepala adalah 17010 mm untuk posisi berdiri dan 1040 mm untuk posisi tapak. Sementara itu pada posisi pengelasan vertikal dan horizontal, ketinggian meja adalah 890 mm untuk posisi berdiri dan 530 mm untuk posisi tapak. Penyesuaian meja pengelasan untuk posisi pengelasan rata adalah 700 mm untuk posisi berdiri dan 340 mm untuk posisi duduk di kursi roda.

References

Kuswana, W., S. (2017). Ergonomi dan K3. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Jazuli., Susanto, D.N., Setyaningrum, R. 2015. Analisis Dan Perancangan Meja Las Dengan Pendekatan Ergonomi Dan QFD. Seminar Nasional IENACO. ISSN 2337-4349.

Nurmianto, E. (1997). Ergonomi Dan Aplikasi Perancangan Untuk Industri. Surabaya. Diktat Pelatihan Dosen, Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Nurmianto, E. (1996). Ergonomi Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Guna Widya.

Sanders, M., S., and McCormick, E. (1993). Human Factor In Engineering And Design. New York: McGraw-Hill.

Downloads

Published

2020-04-19

Issue

Section

Articles