Intervensi Ergonomi Pada Perancangan Meja Las Untuk Sekolah Vokasi
DOI:
https://doi.org/10.37631/jri.v2i1.130Keywords:
pengelasan, listrik, mejaAbstract
Untuk memenuhi kebutuhan laboratorium pengelasan, pelatihan pengelasan listrik dan asetilena, pengelasan yang dapat digunakan untuk semua pekerja produktif, seks dan untuk orang yang sehat atau tidak valid, terutama cacat kaki yang tidak valid, sangat penting untuk merancang meja pengelasan. Selain memberikan kenyamanan, meja juga memberikan kemudahan, keamanan, dan mengurangi kelelahan otot. Posisi pengelasan tabler dapat dirancang yang sesuai dengan kebutuhan semua posisi pengelasan. Namun demikian, untuk orang Indonesia (orang Asia pada umumnya), dimensi dapat diperoleh dengan perhitungan sebagai berikut: ketinggian meja geser adalah 2165 mm, tinggi meja di posisi pengelasan kepala adalah 17010 mm untuk posisi berdiri dan 1040 mm untuk posisi tapak. Sementara itu pada posisi pengelasan vertikal dan horizontal, ketinggian meja adalah 890 mm untuk posisi berdiri dan 530 mm untuk posisi tapak. Penyesuaian meja pengelasan untuk posisi pengelasan rata adalah 700 mm untuk posisi berdiri dan 340 mm untuk posisi duduk di kursi roda.
References
Kuswana, W., S. (2017). Ergonomi dan K3. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Jazuli., Susanto, D.N., Setyaningrum, R. 2015. Analisis Dan Perancangan Meja Las Dengan Pendekatan Ergonomi Dan QFD. Seminar Nasional IENACO. ISSN 2337-4349.
Nurmianto, E. (1997). Ergonomi Dan Aplikasi Perancangan Untuk Industri. Surabaya. Diktat Pelatihan Dosen, Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Nurmianto, E. (1996). Ergonomi Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Guna Widya.
Sanders, M., S., and McCormick, E. (1993). Human Factor In Engineering And Design. New York: McGraw-Hill.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Suhartono Suhartono, Iva Mindhayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License