Optimalisasi Jumlah Produksi Menggunakan Fuzzy Inference System Metode Min-Max

Joko Susetyo, Endang Widuri Asih, Heharuman Raharjo

Abstract


Perencanaan produksi yang tepat dapat diterapkan The GDL Konveksi guna meminimalisir over production dan stock out yang sudah terjadi sebelumnya. Fuzzy Inference System Metode Min-Max dapat digunakan dalam penentuan jumlah produksi kaos guna mencapai produksi yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat output produksi yang optimal untuk bulan Juli 2019 dan membandingkan produksi perusahaan dengan produksi Fuzzy Inference System yang telah dibangun sehingga dapat mengetahui presentase kesalahan rata-rata dan nilai kebenaran prediksi. Produksi yang optimal bermanfaat untuk mengefisienkan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Berdasarkan hasil pengolahan Fuzzy Inference System Metode Min-Max  dengan variabel permintaan sebesar 2016 pcs dan  variabel persediaan bulan sebelumnya (Juni 2019) sebesar 60 pcs dihasilkan jumlah produksi yang optimal sebesar 1980 pcs. The GDL Konveksi dapat memproduksi sebesar 1980 pcs untuk mendapat kondisi optimal Perhitungan presentase kesalahan MAPE sebesar 6,64% dengan nilai kebenaran mencapai 93,36%, hal ini menunjukkan bahwa Fuzzy Inference System  Metode Min-Max dapat diterapkan untuk memprediksi jumlah produksi kaos di The GDL Konveksi dengan catatan sangat baik.


Keywords


permintaan; persediaan; produksi; optimal; fuzzy

Full Text:

PDF

References


Kusumadewi, S,. dan Purnomo, H. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy (Edisi Kedua).Yogyakarta : Graha Ilmu.

Mufid, A. 2010. Penentuan Jumlah Produksi Televisi Merk “X” Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani. Jurnal Teknik Unisfat 10. 2.

Wardani A. R. 2017. Aplikasi Logika Fuzzy Dalam Mengoptimalkan Produksi Minyak Kelapa Sawit di PT. Waru Kaltim Plantation Menggunakan Metode Mamdani. Jurnal Informatika Mulawarman 12. 2.

Asih, E. W., dan Arini, N. 2011. Perencanaan Kebutuhan Produk Guna Optimalisasi Waste dan Laba Dengan Aplikasi Fuzzy Multiobjective Optimization. Jurnal Teknologi Technoscientia 3. 2.

Hajijah. S, 2010. Peramalan Hasil Produksi Minyak Kelapa Sawit Pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Sumatra Utara. Tugas Akhir. Universitas Sumatra Utara. Medan.




DOI: https://doi.org/10.37631/jri.v2i1.126

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats JRI